Garut || www.bkrinews.or.id, Aktivis dan pemerhati sosial, pendidikan Kesehatan Garut menyoroti rendahnya kualitas pelayanan RSUD dr. Slamet.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi bagian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut.
Dinas kesehatan memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat secara prima dan akuntabel.
Sebagai lembaga kesehatan yang bermisi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah Garut harusnya berperan dalam
memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat utamanya dalam pelayanan.
Kepercayaan yang diberikan masyarakat dan pemerintah terhadap Rumah Sakit Umum tersebut merupakan sebuah kehormatan sekaligus amanat dan tugas berat yang harus dipikul dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, terlebih dengan perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang kesehatan maka
Rumah Sakit Umum dituntut lebih keras lagi berusaha dan meningkatkan
profesionalisme dalam bekerja khususnya dalam memberikan pelayanan
kesehatan kepada para pasiennya.
Adbur mengungkapkan bahwa dirinya kecewa dengan sistem pelayanan RSUD dr. Slamet pasalanya ia mendapatkan pengaduan dari salah satu pasien yang sudah menunggu dari pukul 5 sore sampe jam 6 belum mendpatkan ruangan.
“Saya kecewa terhadap kualitas pelayanan publik RSUD dr. Slamet Garut, pasalnya ada keluarga pasien yang mengadu via whatsapp kepada saya.” ujar Adbur yang sapaan akrab Ade Burhanudin
Seharusnya adanya bentuk layanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit diharapkan pasien akan dapat memberikan penilaian tersendiri terhadap
Rumah Sakit tersebut secara objektif. Ketika pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang dikehendaki, maka pasien akan mendapatkan kepuasan.
“Menurut teori Kotler dan Keller
Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul
setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap
kinerja (atau hasil ) yang diharapkan. Jika kinerja dibawah harapan, itu berarti masyarakat tidak puas, maka akan
menyebabkan kehilangan minat pasien untuk berobat.” Sambung Adbur
Peningkatan kualitas layanan yang baik tidak harus hanya berasal dari sudut Rumah Sakit Umum Daerah dr Slamet saja, tetapi harus pula berasal dari sudut pandang pasien Rumah Sakit Umum tersebut.
RSUD harus mampu mengetahui keinginan dan kebutuhan pasien.
Dengan meningkatnya kualitas
layanan maka diharapkan kepuasan pasien juga akan meningkat dan
loyalitas pasien akan dapat tercipta.
Loyalitas yang tinggi akan
mengakibatkan perubahan pasar dan profit bagi penyedia jasa. Oleh
karena itu Rumah Sakit Umum harus mengetahui keinginan dan kebutuhan
pasien pada saat ini, karena pasien yang tidak puas terhadap jasa yang
diberikan Rumah Sakit Umum akan cenderung mencari penyedia jasa lain
yang dapat memberikan fasilitas dan layanan yang lebih baik.
“Saya ambil kasus pasien yang berasal dari Desa Tanjungjaya Kecamatan Pakenjeng yang menunggu dari pukul 5 sore hingga pukul 5 sore masih belum mendapat informasi kepastian ruangan, dimana pelayanan tersebut?”. Ujar Adbur
Pelayanan Publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang- undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
“Spertinya pihak-pihak RSUD dr. Slamet dan Dinkes Garut belum mampu merefleksikan amanat apa yang dimaksud dengan pelayanan publik berdasarkan Undang-Undang No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik itu sendiri.” Pungkas Adbur
Editor : Rudy Ugt
Reporter : Pendi, S.Pd